Penyebab Hilang Ingatan dan Cara Mengatasinya


Source:alodokter.com




Hilang ingatan bisa di sebut juga dengan amnesia,yaitu kondisi di mana seorang kesulitan mengingat fakta atau pengalaman masa lalu. penderita hilang ingatan juga dapat mengalami kesulitan dalam membentuk ingatan baru.

Hilang ingatan (amnesia)tidak hanya sering di kaitkan dengan benturan pada kepala atau kecelakaan,tetapi juga bisa di sebabkan  oleh ragam kondisi lainnya,
seperti gangguan pada gelenjar tiroid,hingga Hingga penyakit HIV,tuberberkulosis,dan sifilis yang bila tidak mendapat penanganan,bisa saja mengaruhi kinerja otak,termasuk pusat memori.

Source:alodkter.com


Beragam penyebab Hilang ingatan 

Cedara kepala seringkali jadi penyebab umum seseoorang mengalami hilang ingatan.Benturan keras di kepala yang dapat menyebabkan hilang ingatan jaka pendek ataupun panjang.

selain itu ada juga beberapa penyebab hilang ingatan lainnya antara lain:

.penyakit Alzheimer
 Hilang ingetan merupakan salah satu pertanda dari kondisi ini.Alzheimer merupakan bentuk paling   umum dari dimensia, dan biasanya menyerang seseorang pada usia di atas 65 tahun.Hilangnya   ingatan akibat dimensia pada penyakit Alzheimer,di pengaruhi oleh penurunan kemampuan kognitif   karena kerusakan dan gangguan fungsi sel otak.Alzheimer merupakan penyakit otak yang fatal,   degeneratif,dan progresif.
.Stroke
 penderita stroke dapat mengalami hilang ingetan sebagian atau jaka pendek.pada stroke,pembuluh   darah otak mengalami penyumbatan atau pecah,sehingga aliran darah ke otak terhenti. Hal ini   menyebabkan gangguan fungsi otak,termasuk hilangnya ingatan.
.Ensefalitis
 Ensefalitis yang merupakan peradangan pada jaringan otak ini,dapat di sebab kan oleh infeksi.
 bila peradangan menyebabkan kerusakan pada pusat memori di otak maka dapat terjadi hilang     ingatan.

.Anoksia otak
 kekurangan oksigen pada jaringan otak dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada fungsi otak.
 Termasuk fungsi memori. sehingga dapat terjadi hilang ingatan.kondisi ini bisa di pengaruhi oleh   serangan jantung,gangguan pernapasan,hingga keracunan karbon monoksida.

.Gangguankesehatan mental
 Gangguan kesehatan mental ini bisa menyebabkan seseorang sulit untuk konsentrasi dan   fokus,sehingga dapat mengaruhi daya ingat.pada kondisi stres,trauma,dan depresi yang cukup   berat,ingatan yang berkaitan dengan penyebabnya dapat dibelokir sebagai bentuk pertahanan diri.   Kondisi ini sering dikenal sebagai amnesia psikogenik.

.obat-obatan 
 Beberapa obat mengganggu daya ingat seseorang,misalnya obat tidur,obat antidepresi,obat pereda   nyeri,antihistamin, relaksan otot,dan obat penenang.untuk itu,konsumsi obat perlu di lakukan sesuai   anjuran dokter.



Comments