Nyeri Sendi



Pengobatan Nyeri Sendi 

Nyeri sendi merupakan kondisi munculnya rasa tidak nyaman, rasa sakit atau peradangan pada setiap bagian dari sendi. Hal ini termasuk tulang rawan, tulang, ligmen, tendon, atau otot. Nyeri sendi yang paling umum mengacu pada arthritis atau arthralgia, yang merupakan peradangan atau rasa sakit dari dalam sendi itu sendiri.

Source:alodokter.com

Faktor Risiko Nyeri Sendi

Berikut beberapa Faktor yang bisa menyebabkan seseorang rentang terserang nyeri sendi:

.Obesitas, Kelebihan berat badan bisa memberi tekanan dan stres pada sendi, terutama lutut.
.Merokok. Kebiasdaan ini berbahaya bagi tubuh dan berpengaruh terhadap nyeri kronis, termasuk nyeri sendi.
.Usus. Seiring bertambahnya usia, risiko nyeri sendi semakin meningkat.
.Cedera yang bisa terjadi karena bekerja atau berolahraga bisa membuat kamu berisiko mengalami nyeri sendi.

Penyebab Nyeri Sendi

Kebanyakan penyebab rasa sakit yang berasal dari bebrapa sendi adalah radang sendi. Penyebab lainnya dapat berupa infeksi virus, awal gangguan sendi atau timbulnya gangguan sendi atau timbulnya gangguan sendi kronis yang sudah ada (seperti rheumatoid arthiritis atau psoriatic arthritis) gout atau arthritis kalsium pirofosfat  (pseudogout) Adapun penyebab lainnya yang kurang umum termasuk penyakit Lyme (hanya satu sendi) infeksi bakteri gonore dan streptokokus, artritis reaktif  (arthritis yang berkembang setelah infeksi saluran pencernaan atau saluran kemih) dan asam urat.

Sementara itu, radang sendi kronis yang memengaruhi beberapa sendi sekaligus, paling sering disebabkan oleh gangguan infeksi seperti rheumatoid arthritis, psoriatic arthritis atau systemic lupus erythematosus (pada orang dewasa), osteoporosis gangguan noninflamasi (pada orang dewasa), artritis idiopatik remaja (pada anak-anak)

Beberapa gangguan peradangan kronis yang dapat memengaruhi tulang belakang serta sendi ekstremitas disebut juga sendi perifer. Beberapa lebih sering memengaruhi bagian-bagian tertentu dari tulang belakang sebagai contoh, ankylosing spondylitis lebih umum memengaruhi bagian bawah tulang belakang (lumbar). sedangkan rheumatoid  arthritis lebih khas mengenai bagian atas (serviks) dari tulang belakang di leher. Gangguan yang paling umum di luar sendi yang menyebabkan nyeri di sekitar persendian adalah fibromyalgia, polymyalgia rheumatice, dan bursitis atau tendinitis.

Gejala Nyeri Sendi 

Nyeri yang dirasakan dapat bervareasi tergantung dari penyebabnya. Biasanya, kerakteridtik nyeri sendi berupa:

.Rasa nyeri terasa jauh ke dalam sendi
.Rasa nyeri dapat membaik dengan istirahat.
.Rasa nyeri tidak terasa di pagi hari tetapi semakin memburuk sepanjang hari
.Rasa nyeri bisa menyebar ke bokong, paha, atau selangkangan
.Rasanyeri sendi yang berpengaruh pada postur dan gaya berjalan.
.Rasanyeri muncul setelah menggunakan sendi
.Adanya pembengkakan di persendian.
.Tidak bisa memindahkan sendi seperti biasanya
.Merasa nsensasi tulang kisi atau menangkap sesuatu ketika memindahkan persendian

Tanda lainnya berupa rasa sakit saat melakukan kegiatan tertentu, seperti berdiri dari posisi duduk atau menggunakan tangga, nyeri yang mengganggu pekerjaan, aktivitas sehari-hari, dan olahraga, nyeri yang meningkat dengan cuaca hujan, dan kekakuan sendi hal pertama di pagi hari yang membaik seiring berjalannya waktu.

Diagonosis Nyeri Send
Setelah wawancara medis dan pemeriksaan fisik bagian ekstrimitas, dokter dapat menganjurkan pemeriksaan penunjang, antara lain:

.Tes cairan sendi, yaitu dengan memeasukan jarum kedalam sendi untuk mengambil sempel cairan dalam sendi untuk pengujian (prosedur yang di sebut aspirasi sendi atau arthrocentesis). prosedur ini dilakukan jika ada tanda sendi yang membengkak.
.Tes darah untuk autontibodi. contoh tes tersebut adalah antibodi antinukler, DNA anti-untai ganda, peptida anticyclic citrulliated, dan faktor reumatoid. Autoantibodi dalam darah dapat menunjukkan gangguan autoimun seperti rheumatoid arthritis atau lupus eritematosus sistemik.
.ESR atau laju endap darah adalah tes yang mengukur tingkat sel-sel darah merah menetap di bagian bawah tabung tes yang berisi sempel darah. Darah yang mengendap dengan cepat biasanya berarti bahwa peradangan seluruh tubuh (sistemik) mungkin terjadi, meski begitu, terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi tes ESR, termasuk usia dan enemia, sehingga tes ini kadang-kadang tidak akurat. Kadang dilakukan tes darah lain yang disebut protein C-reaktif (protein yang bersirkulasi dalam darah dan secara dramatis meningkatkan tingkat ketika ada peradangan).
.Tes radiologi kadang-kadang diperlukan, terutama jika ada kemungkinan tulang atau tumor sendi. Namun, sinar-x dilakukan terlebih dahulu.
.Kadang-kadang CT scan atu MRI juga diperlukan untuk melihat struktur yang lebih lunak selain tulang.

Pengobatan nyeri Sendi

Pengobatan nyeri sendi adalah dengan mengatasi kondisi yang menjadi penyebab dasarnya. Misalnya, orang-orang dengan gangguan autoimun (seperti lupus eritematosus sistemik) mungkin memerlukan obat yang menekan  sistem kekebalan. Orang dengan infeksi gonore pada sendi membutuhkan antibiotik.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati nyeri sendi:

.Pemberian obat-obatan. Peradangan biasanya dapat dikurangi dengan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) Nyeri tanda peradangan biasanya diobati lebih aman dengan acetaminophen.
.Membebat sendi dengan belat atau sling terkadang bisa membantu menghilangkan rasa sakit.
.Menerapkan kompres panas (misalnya, dengan bantal pemanas) dapat mengurangi rasa sakit dengan menghilangkan kejang pada otot-otot di sekitar sendi (misalnya, setelah cedera).
.Menerapkan kompres dingin (misalnya dengan es) dapat membantu menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan sendi. Panas atau dingin harus diterapkan setidaknya selama 15 menit untuk memungkinkan penetrasi yang dalam. Kulit harus dilindungi dari panas dan dingin yang ekstrim. Misalnya, es harus dimasukan ke dalam kantong plastik dan dibungkus dengan handuk.

Setelah rasa sakit akut dan peradangan berkurang, tetapi fisik mungkin berguna untuk mendapatkan kembali atau mempertahankan berbagai gerakan dan memperkuat otot-otot sekitarnya. Pada orang dengan arthritis kronis, aktivitas fisik lanjutan penting untuk mencegah kekakuan sendi permanen (kontraktur) dan kehilangan otot (atrofi)

Pencegahan nyeri sendi 

Cara pencegahan terhadap nyeri sendi, terutama karena peradangan atau arthritis, adalah dengan kompres es, kompres air hangat, fisioterapi, akupuntur, serta pijatan guna meredakan nyeri sendi di lutut dan pinggul. Olahraga yang memungkinkan untuk bergerak dalam batas-batas rasa sakit dan tida menyebabkan rasa sakit lebih lanjut ke sendi juga bisa dilakukan sebagai langkah pencegahan. Selain itu,jika pada serangan akut, disarankan untuk tidak beraktivitas berat atau menggunakan sendi secara berlenbih dan istirahat yang cukup.

Kapan Harus ke Dokter?

Jika kamu mengalami nyeri sendi yang berpengaruh pada aktivitas sehari-hari, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.





Comments