Gejala Kutu Air di Tangan

Source:doktersehat.com


Penyebab,Gejala,Pengobatan,dll

Kutu air di tangan atau di sebut juga dengan tinea manuum atau tinea manus adalah infeksi jamur deramatofita yang berkembang di kulit tangan.jenis penyakit kulit ini menular dari kontak langsung dengan kulit seseorang yang terinfeksi jamur tersebut.Cari tahu apa itu kutu air di tangan,gejala,penyebab,cara mengatasi.dll.

Apa Itu Kutu Air di Tangan?

Kutu air adalah istilah umum untuk infeksi kulit akibat jamur deramatofita atau tinea,yang serupa dengan kurap,kudis dan panu.Kutu air di tangan memiliki nama medis tinea mannum, Sementara kutu air di kaki disebut juga dengan tinea pedis atau athlete's foot.

Kutu air di tangan umumnya di mulai pada bagian telapak tangan dengan gejala kulit ruam,bersisik,gatal,dan sensasi terbakar yang tidak nyaman.Pada kasus yang lebih parah,kutu air di tangan juga menyebabkan gejala seperti bisul dan kulit melepuh yang menyakitkan.

Kutu air yang bersifat menular.Anda mungkin terkena penyakit kulit ini apa memiliki kontak langsung dengan kulit seseorang yang terinfeksi jamur deramatofita tersebut.Umumnya Kondisi kulit ini dapat di atasi dengan dengan salep kulit atau beberapa pilihan perawatan alami.

Gejala Kutu Air di Tangan

Gejala kutu air di tangan hampir mirip dengan gejala deramatitis,namun kondisi kulit deramatitis  terasa lebih gatal daripada kutu air.Ketahui lebih jelas bagai mana gejala kutu air di tangan,berikut ini

.Kulit tangan terasa gatal,Kemerahan,kering,terkelupas,bersisik dan gatal.
.Kulit air terasa kecil pada awalnya,lalu berkembang jadi infeksi jamur yang lebih lebar pada area kulit tangan.
.Gejala utama muncul di telapak tangan,lalu mungkin penyebab ke jari-jari dan punggung tangan 
.Kukit bagian tengah seperti sudah sembuh namun di kelilingi dengan ruam dan kult kering yang membentuk lingkaran seperti cincin 
.Perubahan warna kulit.

Gejala ini mungkin berbeda-beda tergantung jenis jamur deramotofita  apa yang menginfeksi kulit.

Penyebabnya Kutu air di tangan 

Kutu air adalah penyakit kulit menular akibat jamur yang dapat menginfeksi siapapun.Berdasarkan penelitian ,setiap orang memiliki 10-20% Kemungkinan terkena kutu air dalam satu momen di hidupnya.

Cara Mencegah Kutu air

Berikut ini adalah cara mencegah infeksi jamur di tangan,yaitu:

.Selalu perhatikan kebersihan tangan.
.Selalu cuci tangan dan mengeringkannya hingga bersih.
.Hindari kontak kulit langsung dengan kulit seseorang yang terinfeksi jamur kulit.
.Gunakan sarungtangan bila perlu.
.Bila anda sudah terkena penyakit kulit ini, jangan menggaruk atau menyentuh area kulit yang terinfeksi dan hindari bersentuhan dengan orang lain untuk mencegah paparan.

Umumnya,penyakit jamur kulit ini mudah di tangani dengan salep anti jamur atau perawatan sederhana.apabila gejala penyakit kulit tidak membaik dalam satu bulan,harap hubungi dokter.
.






Comments