Mimisan Bisa Jadi Tanda 5 Penyakit Ini

Source:alodokter.com


Mimisan merupakan istilah orang awam ketika terjadi pendarahan melalui lubang hidung. Mimisan juga punya nama medis yaitu epistaksis. Biasanya,kondisi ini umum terjadi, dan bukan merupakan sesuatu hal yang berbahaya. Namun, ketika seseorang mengalami kondisi ini secara tiba-tiba tanda sebab apapun, bisa jadi ini pertanda kalau kamu tengah mengidap kondisi medis yang berbahaya.

Alasan Anak -Anak Sering Mimisan

Punya Tanda Ini, Bisa jadi Mimisan Masuk dalam kategori Berbahaya

Mimisan biasanya terjadi jika lubang hidung dalam kondisi kering dan kebisaan mengorek hidung. Kedua hal tersebut dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah halus dalam hidung. Namun,jika mimisan terjadi secara tiba-tiba, hal ini yang wajib kamu waspadai, ya! Berikut ciri-ciri mimisan yang termasuk dalam kategori berbahaya:

.Volume darah banyak keluar melalui lubang hidung. Hal ini akan membuat kamu sulit bernapas.
.Mimisan disertai dengan detak jantung yang tidak beraturan.
.Terjadi pada anak-anak berusia dibawah 2 tahun.
.Sering terjadi dalam waktu singkat.
.Berlangsung lebih dari 30 menit.
.Terjadi pasca melakukan oprasi sinus atau oprasi lain, di daerah hidung.
.Mimisan dikuti dengan pendarahan pada daerah lain, seperti pendarahan pada urine.
.Mengalami demam dan ruam pada saat mimisan.

Jika kamu atau orang-orang terdekat kamu mengalami mimisan yang dikuti dengan gejala di atas, segera diskusikan dengan Dokter,ya! karena gejala-gejala di atas termasuk indikasi kalau mimisan kamu sudah termasuk dalam fase yang berbahaya.

Beberapa Penyebab Anak Mimisan

Mimisan bisa jadi Tanda Penyakit ini
Jika sudah mengetahui fakta mengerikan tentang mimisan, sebaiknya jangan pernah menyepelekan hal yang satu ini. Apabila jika mimisan datang tiba-tiba, bukan terjadi karena hidung tersumbat atau mengorek hidung. Mimisan yang datang secara tiba-tiba, bisa jadi pertanda beberapa penyakit ini:

. Sinusitas Akut

Sinusitas merupakan pembengkakan pada jaringan yang melapisi sinus. Sedangkan sinusits akut merupakan kondisi hidung tersumbat secara mendadak yang disertai dengan nyeri wajah yang dapat berlangsung selama hampir empat minggu. pembengkakan pada jaringan yang melepasi sinus akan membuat pembuluh darah kecil dalam hidung pecah dan menyebabkan mimisan.

.Polip Hidung 

Polip hidung merupakan pertumbuhan jaringan lunak pada hidung, tidak terasa sakit, dan tidak menyebabkan kanker. Tumbuhnya polip dapat terjadi karena peradangan kronis akibat asma, infeksi, alergi, atau gangguan pada sistim imunitas. Nah, saat pertumbuhan polip semakin besar, maka mimisan akan sering terjadi.

.Hemofilia

Hemofilia merupakan suatu penyakit yang menyebabkan gangguan perdarahan. Hemofelia terjadi karena kekurangan faktor pembekuan darah. Seorang pengidap hemofilia akan mengalami pendarahan yang berlangsung lebih lama saat tubuh mengalami luka.

.Leukemia

Mimisan merupakan tanda awal lekemia. Jadi jika tidak ada luka yang dirasakan, tetapi hidung mimisan dengan hebat, sebaaikanya kamu lebih waspada. Hal ini bisa jadi pertanda kalau jumlah sel darah putih dalam tubuh lebih banyak dari sel darah merah.

Cara mengatasi Anak Mimisan

Untuk itu, selalu berhati-hati saat mengorek hidung, dan jangan lupa untuk jaga kelembapan lubang hidung kamu, ya! Jika kamu mengalami gejala-gejala mimisan yang berbahaya, sebaiknya segera diskusikan dengan Dokter guna mencegah perkembangan penyakit menjadi lebih parah. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa berdiskusi langsung dengan membuat janji dengan Dokter di rumah sakit pilihanmu melalui Halodoc. Yuk downlod aplikasinya seger!


Comments