Gejala Penyakit Liver

Source:hellosehat.com

Penyakit liver adalah istilah yang digunakan untuk setiap gangguan pada liver atau hati yang menyebabkan organ ini tidak dapat berfungsi dengan baik.

Hati merupakan orang yang dapat melakukan regerensi dengan cepat untuk mengganti sel-selnya yang rusak. Akan tetapi, jika sel-sel yang rusak cukup banyak,fungsi dan kerja hati dapat terganggu. Biasanya, fungsi hati akan mulai terlihat penurunannya ketika kerusakan sel-sel hati mencapai 75%

Penurunan fungsi hati umumnya terjadi secara bertahap.Tahapan kerusakan yang terjadi akan mengikuti perkembangan penyakit yang mendasarinya dan seberapa besar kerusakan jaringan hati yang dialami. Penyakit liver memiliki beragam jenis, namun beberapa gejala dan keluhannya sering kali mirip satu sama lain.

Tahapan Kerusakan Hati 

Mengetahui setiap tahap kerusakan jaringan hati sangat penting guna menentukan tindakan pengobatan dan pencegahan kerusakan jaringan lebih lanjut. Berikut adalah penjelasan masing-masing tahapannya.

Tahap 1

Penyakit liver atau penyakit hati pada tahap ini ditandai dengan adanya inflamasi (peradangan) pada sel-sel hati. Kondisi ini bisa menyebabkan jaringan hati menjadi lunak dan membengkak.Jika tidak di tangani dengan baik, inflamasi dapat membuat kerusakan permanen pada jaringan.

Tahap 2

Pada tahap ini, liver mulai mengalami fibrosis, yaitu suatu kondisi saat jaringan perut mulai tumbuh untuk menggantikan jaringan hati yang rusak. Pembentukan  jaringan jaringan perut sebenarnya merupakan proses yang dilakuakan oleh tubuh untuk menyembuhkan luka yang ada di jaringan hati. Namun, pembentukan fibrosis ini justru membuat hati tidak bisa berfungsi dengan normal.

Tahap 3

Tahap ini ditandai dengan terjadinya sirosis, yaitu kerusakan parah pada hati akibat penumpukan jaringan perut pada hati. Sirosis disebabkan oleh penyakit hati yang berlangsung dalam waktu lama. Sirosis hati merupakan tahap akhir dari penyakit liver. pada tahap ini akan di tandai dengan munculnya keluhan dan gejala yang lebuh serius.

Tahap 4

Pada tahap ini, kerusakan hati sudah terjadi secara menyeluruh. Kondisi ini menyebabkan hilangnya fungsi hati secara keseluruhan, Tahap ini disebut juga dengan gagal hati. Kondisi ini dapat terjadi secara akut atau kronis.

Kerusakan hati yang sudah mencapai tahap akhir tidak bisa disembuhkan. Penderita kerusakan hati berat umumnya memerlukan penanganan yang dianjurkan pada tahap ini adalah dengan melakukan transplantasi hati.

Pencegahan Penyakit Liver

Untuk mencegah penyakit liver, tindakan yang harus dilakukan adalah

.Jaga berat badan normal sesuai dengan indeks massa tubuh.
.Tidak mengonsumsi minuman berakophol secara berlebihan.
.Ikuti program vaksinasi virus hepatitis untuk mencegah terjadinya hevatitis.
.Jangan berganti-ganti pasangan dalam berhubungan seksual.
.Jangan menggunakan NAPZA.
.Lakukan konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat apa pun.
.Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter untuk memantau kesehatan liver.
.Hindari paparan zat kimia berbahaya, darah,dan cairan tubuh orang lain, dengan menggunakan APD (alat pelindung diri) sesuai SOP (standar oprasional prosedur).

Comments

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~ :))

    ReplyDelete

Post a Comment