Penyakit Asam Lambung,

Source:tribunwow.com

Pengertian Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung terjadi karena naiknya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan. Kondisi ini terjadi pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Naiknya asam lambung merupakan kondisi yang umum namun bisa menimbulkan yeri pada ulu hati.

Faktor Resiko Penyakit Asam Lambung 

Terdapat beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan risiko penyakit asam lambung menjadi lebih tinggi. Umumnya faktor ini berkaitan dengan hal-hal yang menyebabkan otot LES melemah. Kondisi tersebut, antaralain :

.Obesitas 
.Sedang hamil
.Berusia lanjut 
.Mengalami gastroparesis, yakni kondisi melemahnya otot  dinding lambung, sehingga pengosongan lambung melambat.
.Scleroderma, yaitu penyakit yang menyerang jaringan ikat
.Hernia hiatus, yaitu masuknya bagian lambung ke rongga dada seseorang. 

Penyakit asam lambung juga bisa menyerang bayi, biasanya terjadi karena otot LES masih dalam tahap pertumbuhan. Gejala asam lambung naik pada bayi, antara lain gumoh atau sendawa setelah menyusu atau makan, penting untuk mewaspadainya jika gejala tak kunjung hilang setelah anak menginjak usia sartu tahun.

Penyebab Penyakit Asam Lambung

Naiknya asam lambung menyebabkan tidak berpungsinya lower esophageal sphincter (LES) yaitu lingkaran otot pada bagian bawah dari esophgus. LES sendiri berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan/minuman turun ke perut. Penyebab penyakit asam lambung ini biasanya terkait dengan: 

.Faktor kelebihan berat badan
.Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi.
.Terlalu banyak konsumsi kopi,coklat, minuman keras,dan merokok.
.Keadaan hamil dengan cara perubahan hormon.
.Banyaknya pikiran atau stres pun bisa membuat LES menjadi tidak bekerja dengan baik.

Gejala Penyakit Asam Lambung

Berikut ini berbagai gejala penyakit asam lambung, antara lain:

.Rasa terbakar di dada atau nyeri bagian ulu hati.
.Kesulitan menelan 
Munculnya rasa asam dan pait di kerongkongan dan mulut 
.Batuk kering secara terus- menerus di malam hari.
.Sakit pada bagian dada 
.Adanya bau tidak sedap pada napas.
.Gigi menjadi rusak.

Umumnya, penyakit asam lambung dengan kadar yang ringan hanya akan terjadi satu atau dua kali dalam sebulan dengan tidak memerlukan penangan medis khusus.Gejala tersebut dapat diatasi dengan cara mengubah pola makan serta membeli obat di apotek. Namun,jika gejala menjadi lebih parah, disarankan untuk langsung temui dokter untuk penanganannya.

Diagonosis Penyakit Asam Lambung

Untuk mendiagnosis penyakit asam lambung, terdapat beberapa langkah yang akan ditempuh dokter. Gejala asam lambung naik atau refluks asam lambung ini dianggap sebuah penyakit jika gejalnya bisa muncul paling tidak hingga dua kali dalam kurun waktu satu pekan. Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan beberapa langkah diagonosis lainnya. Pemeriksaan lanjutan yang dapat dilakukan,antara lain:

.Elektrokardiogram (EKG).Pemeriksaan ini ditunjukan untuk melihat apakah ada penyakit jantung koroner atau serangan jantung. Kedua penyakit ini menimbulkan gejala yang mirip dengan GERD, yaitu nyeri dada.
.Gastroskopi. Pemeriksaan ini memanfaatkan alat khusus seperti selang berkamera,untuk mendeteksi peradangan pada esofagus atau kerongkongan (esofagitis) akibat asam lambung naik. Melalui pemeriksaan ini,sempel jaringan dari esofagus akan diambil dan diperiksa di bawah mikroskop (biopi esofagus) 
.Manometri Esofagus. tes ini dilakukan untuk memeriksa irama gerakan otot saat pengidapnya tengah menelan serta mengukur kekuatan otot kerongkongan.
.Foto Rontgen. Pemeriksaan ini atau foto rontgen saluran pencernaan bagian atas (foto Rontgen OMD) dilakukan untuk melihat rongga saluran pencernaan atas dan lapisannya. JIka ada peradangan atau penyempitan kerongkongan, maka akan tanpak hasilnya pada hasil pemeriksaan.
.Pengukuran Tingkat keasaman (pH) Kerongkongan.Tes ini dilakukan dengan memasukkan selang atau kateter ke dalam kerongkongan. Selang ini terhubung ke komputer untuk mengukur tingkat keasaman kerongkongan saat pengidapnya tengah melakukan aktivitas sehari-hari.

Komplikasi Penyakit Asam Lambung 

Penyakit asam lambung tentunya dapat merasang timbulnya penyakit lain, misalnya asma. Oleh karena itu, disarankan untuk tetap menjaga saluran udara agar tidak terganggu oleh naiknya asam lambung.

Pengobatan Penyakit Asam Lambung

Ada beberapa macam cara untuk mengobati asam lambung, seperti penanganan oleh diri sendiri dan menggunakan obat khusus penyakit asam  lambung. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala penyakit asam lambung:

.Makan dengan porsi yang kecil,tetapi sering.
.Berhenti merokok
.Hindari coklat, tomat, serta makanan berlemak dan pedas
.Turunkan berat badan,Jika memang di perlukan
.Tidur menggunakan bantal yang lebih tinggi.

Pencegahan Penyakit Asam Lambung

Lakukan hal berikut untuk mencegah naiknya asam lambung:

.Hindri makanan berlemak 
.Hindari makanan asam
.Batasi asupan coklat 
.Jauhi makanan pedas 
.Kurangin minuman berkarbonasi
.Makan dengan porsi kecil

Kapan Harus ke Dokter?

Jika cara penanganan dan pencegahan di atas tidak berhasil bisa langsung memeriksakaan diri ke dokter di rumah sakit pilihan melalui Halodoc.








Comments