Gejala Tumor Jantung





Source:hellosehat.com

Apa itu tumor jantung?

Tumor jantung adalah pertumbuhan abnormal pada jantung atau katup jantung.Ada berbagai jenis tumor jantung.Namun,kondisi ini biasanya jarang terjadi.

Tumor dapat bersifat kanker (ganas)atau non -kangker (jinak)Tumor yang mulai bertumbuh dan tetap berada di jantung disebut tumor primer.Tumor yang muncul pada bagian tubuh lain kemudian berpindah ke jantung (metastasis) disebut tumor sekunder.

kebanyakan tumor jantung bersipat jinak.Meski begitu,kondisi ini juga dapat menyebabkan masalah karena ukuran dan lokasinya.kadang,bagian kecil dari tumor juga bisa jatuh ke aliran darah dan terbawa ke pembuluh darah yang jauh dan masuk kedalam aliran darah ke organ-organ vital(embolisme).

Seberapa umum tumor jantung?

kondisi ini lebih sering menyerang wanita dari pada dengan pria dan bisa terjadi pada pasien dengan usia berapa saja.Tumor jantung dapat di tangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko.Diskusiksn dengan dokter untuk impormasi lebih lanjut.
Source:hellosehat.com




Tanda-Tanda dan gejala 

Apa saja tanda-tanda dan gejala tumor jantung?

Sering kali,pasien tidak mengetahui bahwa mereka memiliki tumor jantung.Tumor sering kali ditemukan  saat pasien melakukan ekokardiogram untuk alasan lain.jika tumor telah mengeras akibat tumpukan kalisium(kalsifikasi),tumor dapat terlihat pada rontgen dada.Kebanyakn tumor jantung primer ditemukan saat pasien berusia 50-60 tahun.Namun,kondisi ini juga dapat ditemukan pada pasien yang lebih muda.

pasien dengan myxoma jantung pada serambi kiri bisa menunjukkan gejala.Hal ini di sebabkan oleh tersumbatnya aliran darah melalui katup mitral.aliran darah bisa tersubat sepanjang waktu,atau hanya saat pasien berada di posisi fisik tertentu (seperti berbaring)Walau banyak pasien tidak memiliki gejala apa pun,jika aliran darah tersebut dan ada peningkatan tekanan pada serambi kiri, kondisi ini dapat menyebabkan demam,dan pasien dapat mengalami nyeri sendi dan rasa tidak nyaman. kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak di sembuhkan di atas,Bila anda memiliki kekewatiran akan sebuah gejala tertentu,konsultasikanlah dengan dokter anda.

Kapan saya harus perisa kedokter? 

Jika anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya,konsultasikanlah dengan dokter anda.tubuh masing-masing orang berbeda.Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan anda.



Comments